Tips Memilih Hardisk Eksternal

Sudah 3 kali gonta-ganti flash disk dari 2 GB, 4GB hingga 8 GB, tak pernah saya merasa cukup dengan kapasitasnya ada-ada saja file yang ingin disimpan. Akhirnya punya niat untuk membeli hardisk eksternal.

Saya akan berbagi beberapa tips sebelum anda memutuskan membeli hardisk external :

1. Manfaatkan om Google sebelum anda memutuskan hardisk merk apa yang akan anda beli (seagate, imation, buffalo, maxtor, dll). Jika telah memutuskan merk tertentu carilah review-review mengenai hardisk external tersebut. Apa keunggulan dan kelemahannya.

 2. Jika uang bukan masalah bagi anda maka belilah hardisk dengan kapasitas besar (namanya jg manusia nggak pernah puas nyimpan file) agar kemudian hari anda tidak lagi membeli hardisk tambahan. Harga juga tidak terlalu terpaut jauh. Sebagai contoh jika anda memilih seagate raptor 320 Gb harganya 407 rb sedangkan seagate yang 500 GB harganya 510 rb. Hanya beda 103 rb anda dapat tambahan kapasitas 180 GB (kalau beli flashdisk hanya dapat 16 GB).

3. Perhatikan kecepatan putar (RPM), besar buffer, fitur recovery, plug and play dan garansi hardisk. Silahkan googling mengenai hal ini.

4. Perhatikan lampu indikator hardisk. Bagian ini tidak kalah penting, karena hardisk terhubung atau tidak, sedang bekerja atau tidak ditentukan oleh lampu ini. Pilihlah hardisk dengan lampu indikator yang mudah untuk dibedakan (yang kedip-kedipnya kelihatan jelas saat beroperasi atau tidak). Hal ini berfungsi agar saat kita mencabut hardisk dari komputer, hardisk tidak dalam keadaan beroperasi.

5. Satu hal yg penting adalah hardisk tidak seperti flashdisk, ketika anda mencabut flashdisk langsung dari komputer tanpa eject jarang terjadi kerusakan. Hal ini berbeda dengan hardisk, usahakan hardisk di eject dahulu baru dicabut untuk menghindari terjadinya bad sector.

6. Untuk mempercepat proses pembacaan hardisk, software backup bawaan hardisk jangan diaktifkan. Aktifkan saat anda perlu untuk backup saja. Karena biasanya software tersebut akan langsung membackup saat anda colokkan ke komputer.

 Silahkan tambahkan tips dari anda….

 

2 Tanggapan

  1. nice…
    pencerahan yg bermanfaat…
    trimakasih banyak mas

  2. Hardisk Exsternal yang saya beli merk TOSHIBA sangat bagus…..dan bermanfaat bagi saya yang apabila mau Mendownload Film kesukaan saya.

Tinggalkan komentar